Bazar Ramadan Putridalem Terapkan Prokes Ketat

Bazar Ramadan Putridalem Terapkan Prokes Ketat

MAJALENGKA - Sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh memanfaatkan momen bulan Ramadan dengan mengadakan bazar Ramadan yang mulai digelar sejak hari pertama puasa.

Warga antusias mengikuti bazar Ramadan, terbukti dengan banyaknya stan yang berjejer kurang lebih sepanjang 100 meter. Selain itu, tampak pengunjung yang ramai mendatangi bazar untuk menunggu waktu buka puasa (ngabuburit) sambil membeli takjil yang dijual.

Kepala Desa Putridalem, Endah Hendrawati mengatakan, kegiatan bazar Ramadan yang digelar pertama kali ini bertujuan untuk memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemic, khususnya bagi warga Desa Putridalem. Sehingga pihaknya berinisiatif untuk menggelar acara tersebut.

“Bazar ini kami tujukan untuk warga Putridalem agar dapat memulihkan ekonomi dengan berjualan di momen bulan suci Ramadan,\" ungkapnya.

Disebabkan masih pandemi, pihaknya membatasi jumlah stan yaitu hanya 10 stan yang telah terisi penuh oleh masyarakat Desa Putridalem sendiri. Namun ada juga beberapa stan dari luar desa  yang dikhususkan di hari Minggu.

\"Karena masih pandemi kami membatasi jumlah stan, dengan memprioritaskan warga Desa Putridalem dan dari luar desa dibatasi,\" jelasnya.

Bazar yang dibuka mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 tersebut rencananya akan berlangsung hingga 3 pekan mendatang atau sampai sekitar tanggal 10 Mei 2021.

“Karena di minggu-minggu terakhir puasa masyarakat sibuk mempersiapkan hari raya dan fokus maleman,\" tuturnya.

Sementara itu ketua pelaksana sekaligus Ketua BUMDes Putridalem, Nunu menekankan pelaksanaan bazar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, memberikan masker, serta membatasi jumlah pengunjung dengan sistem bergantian.

Sementara, salah seorang penjual asal Desa Putridalem, Tohid mengaku bahagia dengan diadakannya bazar Ramadan kali ini. Meskipun baru mendaftarkan diri malam hari sehingga belum banyak persiapan namun dagangannya langsung habis.

“Saya belum banyak persiapan tapi alhamdulillah dagangan habis,\" jelasnya.

Penjual aneka macam es, sayur dan gorengan tersebut juga berharap ke depan dagangan laris dan lebih banyak pembeli. “Semoga setiap hari banyak pengunjung dan jualan saya dan teman-teman pedagang disini lancar dan laris manis,” pungkasnya.(iim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: