FOPI Siapkan Atlet Untuk Porprov 2022

FOPI Siapkan Atlet Untuk Porprov 2022

MAJALENGKA-Untuk meningkatkan kemampuan Cabang Olahraga (Cabor) Petanque, Federasi Olahraga PetNaque Indonesia (FOPI), rutin melaksanakan pertandingan Pentaque di Kawasan Gelanggang Generasi Muda(GGM).

Saat melaksanakan latihan pada Kamis (8/4) Ketua Pengcab Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Majalengka H Hanuradjasa Tatang Riana mengatakan pelaksanaan latih tanding Pentaque ini dalam rangka mencari atlet yang akan diikutsertakan di Babak Kualifikasi (BK) ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) XIV tahun 2022. 

\"Oleh karena itu, untuk ke Porprov, kita akan persiapkan atlet, 6 putra dan 6 putri. Makanya dalam kegiatan latih tanding ini, kita mencari atlet yang representatif, masih muda, pelajar-pelajar dan mahasiswa. Kita akan nilai dari attitude, pengolahan emosi fokus dan strategi,” jelasnya.

Ia menyebutkan setelah lebaran, akan ada pemanggilan atlet dan pemusatan latihan. Mengingat babak kualifikasi akan dilakukan di Cimahi pada Juli 2021.

Meskipun masih tergolong cabang olahraga baru, Ketua Pengcab FOPI optimis atlet Petanque di Kabupaten Majalengka bisa lolos di babak kualifikasi dan bisa berprestasi di event Porprov 2022, dengan target bisa memperoleh medali emas.
Apalagi menurut Ketua , FOPI siap menjadi tuan rumah dalam cabang olahraga Petanque di Porprov 2022. Sebagai modal dasar, Kabupaten Majalengka, sudah mempunyai 2 Pelatih Pentaque yang bersertifikat Jawa Barat dan 1 wasit bersertifikat Jawa Barat.

Dirinya juga sangat mengapresiasi karena untuk meningkatkan kemampuan, para atlet petanque juga telah diberi izin oleh Dispora untuk memanfaatkan lahan di sekitar GGM sebagai lapangan pertandingan.
\"Ini sudah representatif. Oleh karena itu di Porprov ini, kita melihat ada tujuh nomor. Nah dengan tujuh nomor ini, kita melihat ada 7 medali emas, 7 medali perak dan 7 medali perunggu. Jadi target kita itu bisa dapet emas, 2 perak 2 dan perunggu empat, Insyallah. Mudah-mudahan ini kontribusi cabang olahraga kami bisa mengangkat peringkat Majalengka dalam pelaksanaan porprov,” jelasnya.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olah Raga Durohim SPd yang juga ikut memeriahkan pertandingan mengatakan Petanque adalah cabang olahraga baru yang tentu butuh sosialisasi bagi masyarakat Majalengka.

Oleh karena itu, menurutnya Dispora merasa berkepentingan dan punya tugas besar untuk membantu Pengcab untuk mengembangkan olahraga ini.

\"Menurut Ketua Pengcab akan dipertandingkan atau ikut di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022. Karena kemungkinan untuk meraih medali itu ada. Mudah-mudahan kita bisa mencuri kesempatan,” ungkapnya usai mengikuti latihan bersama pengurus FOPI.

Selain itu dirinya mengatakan di Jawa Barat baru ada 18 Pengurus Petanque tingkat Kabupaten termasuk Majalengka. Latihan ini merupakan usaha Dispora untuk terus mengembangkan dan bersosialisasi.

\"Sambil kita mengajak masyarakat yang kebetulan melihat disini. Mudah-mudahan mereka bisa tertarik dengan olahraga yang bisa dilakukan oleh semua umur ini,\" jelasnya.(bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: