Cegah Longsor, Baznas Tanam Pohon

Cegah Longsor, Baznas Tanam Pohon

MAJALENGKA - Badan Amil  Zakat  Nasional (Baznas) tidak hanya mengurusi  zakat infak dan sedekah (ZIS)  saja,  tapi juga memiliki   peran dan kiprah untuk ikut peduli dengan lingkungan alam agar tetap terjaga dan lestari.  Yakni, dengan melakukan gerakan penanaman pohon.

Ketua Baznas Majalengka, Dr  H Agus Yadi Ismail MSi  mengatakan, Baznas Majalengka melakukan  penanaman beragam pohon merupakan program Baznas Tanggap Bencana (BTB) Jabar yang bekerja sama dengan BTB Majalengka dengan tema Talenta alias tanam pohon, lestarikan alam dan cintai alam.

Disebutkan  Agus, Baznas Majalengka menanam 150 bibit pohon di Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Sabtu (20/3). Menyasar setidaknya tiga tempat, yakni di Blok Kapak Kuda, TPU Pasir Geo dan Bumi Perkemahan Dayeuh Luhur. Hal itu sebagai kepedulian Baznas terhadap lingkungan, karena di kawasan tersebut pernah terjadi longsor pada 2018 lalu.

“BTB Jabar dan BTB Kabupaten Majalengka bersinergi dalam kegiatan pencegahan dari  bahaya banjir dan  longsor yang berlokasi di Desa Sadawangi,” kata Agus kepada awak media akhir pekan kemarin.

Sebanyak 150 bibit pohon ditanam di kawasan tersebut, seperti nangka, kelapa, rambutan, jambu air, sirsak, jambu batu kristal, jengkol dan lainnya. “Fungsi dari pohon berbuah tersebut selain mampu mengikat tanah, juga mampu memberikan penghijauan. Serta ketika berbuah nanti, hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, ataupun habitat yang hidup di sana,” tutur dosen Uniku Kuningan ini. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: