Batik Khas Majalengka Ikut Pameran BI

Batik Khas Majalengka Ikut Pameran BI

MAJALENGKA - Batik  Herty  Elit  Majalengka mendapatkan apresiasi dan kepercayaan untuk ikut mengisi  pameran  yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI) Cabang Cirebon pada acara launching produk Bank Syariah Indonesia (BSI) - QIRIS  bertempat  di  Rest Area Tol Cipali KM. 166 Sumberjaya Majalengka,  Kamis (18/3).  Acara yang dihadiri Bupati Dr H Karna  Sobahi,  MMPd juga diisi  pameran prodak ungulan Kota Angin.

Owner  Batik Herty Elit, Uti Sayuti SPd  menyatakan bersyukur dan bangga karya batik suamiya, Heri Suhersono mendapatkan apresiasi dan  kepercayaan untuk mengisi acara  pameran produk BI. Meskipun hanya  sehari, tapi pihaknya  merepons dan mengikutinya sebagai ajang promosi  produk batik  khas Majalengka.

Sementara itu, Sang Maestro Batik, Heri Suhersono  mengungkapkan bahwa Kabupaten Majalengka bukan tidak mungkin memiliki kawasan sentra  batik,  yang terpenting ada kemauan  dan keinginan kuat semua pihak  untuk mengembangkan  batik di Kabupaten Majalengka.

Diceritakan, sekitar tahun 1990 Heri sudah membuat motif buah maja  yang konon  cika bakal nama Majalengka. Saat itu para wali dulu  menggunakan buah maja untuk obat. Karena banyak dibutuhkan namun konon buah Maja akhirnya langka sehingga wong Cirebon menyebut Majalangka menjadi Majalengka.

“Saya bikin ilustrasi buah maja menjadi motif batik  dan tahun 2007 pada masa Presiden SBY ikut pameran batik di Grage Mall Cirebon pada acara peringatan Hari Batik Nasional pertama kalinya.  Ada 22 motif lainnya di antaranya Simbarkencana, Gedong Gincu,  Lauk Ngibing, Kota Angin, Nyi Rambut Kasih, Nguseup, Pesawat dan lainnya,”apparnya. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: