Pengurus PABPDSI Resmi Dikukuhkan

Pengurus PABPDSI Resmi Dikukuhkan

MAJALENGKA - Kepengurusan Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Majalengka  Periode 2021- 2027 resmi dikukuhkan di Gedung Yudha Setda Majalengka, Jumat (12/3) kemarin.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum PABPDSI Provinsi Jawa Barat, Fery Fardiansyah SE dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, H Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi,  MMPd,  Wakil Bupati Tarsono D Mardiana, Sekda Drs H Eman Suherman MM, Ketua DPRD Majalengka,  Drs  H Edy Anas Djunaedi MM, Forkopimda dan kepala OPD dan pengurus BPD  serta kepala desa.

Ketua Umum PABPDSI Jawa Barat, Fery Fardiansyah SE menyatakan bersyukur organisasi  dan forum BPD sudah melebur sejak November 2010 menjadi PABPDSI yang merupakan organisasi profes  dan tidak berstatus sebagai LSM.

Disebutkan, Pemprov Jabar  memberikan tujangan bagi PABPDSI  yang dialokasikan untuk  pembuatan kartu BPJS  Ketenagakerjaan bagi anggota BPD di Jawa Barat. “PABPDSI merupakan salah satu ruang untuk BPD melaksanakan tupoksi  sebagai lembaga legislasi dan  pengawasan  demi terwujudnya  desa yang maju  dan mandiri,” bebernya.

Ia mengapresiasi komitmen dan dukungan Bupati H Karna  Sobahi  terhadap PABPDSI, sehingga  Bupati Karna mendapatkan kartu anggota kehormatan  PABPDSI.

Bupati Karna Sobahi menyampaikan selamat kepada pengurus PABPDSI Kabupaten Majalengka yang telah dilantik. Bupati berharap agar  keberadaannya bisa membawa suasana yang dinamis,  sinergis dan dan terwujud kemitraan, terutama dalam membangun desa maju menuju  mandiri. “Kami berharap BPD dan para kades bisa akur.Bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dan tidak saling egois,” pesan bupati.

Sedangkan Wagub Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum  menyatan bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan. Namun, selalu ada masalah klasik di desa di antaranya soal sarana infrastruktur yang  selalu kurang. Sehingga ujung-ujungnya terjadi perpindahan penduduk dari desa ke kota atau urbanisasi.

“Di Jawa Barat penduduk yang melakukan urbanisasi mencapai 50 persen. Penduduk desa kini banyak yang berada di perkotaan, dan kalau ini dibiarkan maka akan mengganggu  pemerataan pembangunan,” kata Wagub Uu. 

Pada proses pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera PABPDSI dari ketua PABPDSI Jabar kepada ketua PABPDMSI Majalengka. Dilanjutkan penyerahan kartu BPJS Ketengakerjaan  secara simbolis kepada pengurus BPD. (ara/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: