Abrasi, Rumah Nyaris Ambruk

Abrasi, Rumah Nyaris Ambruk

MAJALENGKA- Satu rumah di Dusun Sukaasih, Desa Buniwangi, Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, nyaris ambruk akibat abrasi sungai, Senin (8/3).

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Reza Permana mengatakan, abrasi tersebut diakibatkan derasnya aliran air sehingga membuat sungai meluap dan merobohkan tanah pada sisi sungai.

Menurut Reza, longsor di bibir sungai atau abrasi tersebut terjadi setelah hujan berintensitas tinggi mengguyur Kabupaten Majalengka yang menyebabkan debit sungai tinggi. Sehingga terjadi erosi dan mengakibatkan rusaknya rumah warga.

\"Akibat abrasi yang terjadi pukul 09.26 WIB, mengakibatkan kerusakan pada bagian pondasi. Sehingga, untuk mengantisipasi yang tidak diharapkan, saat ini pemilik rumah telah mengungsi ke rumah kerabatnya,\" terangnya.

Reza menjelaskan saat tim asesment BPBD Majalengka sedang mengecek ke lokasi. Namun, berdasarkan laporan awal baru ada satu unit rumah yang terdampak abrasi tersebut. \"Alhamdulillah, tak ada korban jiwa. Kami sudah menerjunkan tim untuk mengecek keadaan dan BPBD juga telah berkoordinasi dengan pihak muspika setempat,\" katanya.

Pada Minggu (7/3), peristiwa banjir dan angin angin puting beliung terjadi wilayah Kabupaten Majalengka dan mengakibatkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Di antaranya angin puting beliung melanda Blok Citaman, Desa Gunungmanik, Kecamatan Talaga pukul 14.30 WIB. Angin puting beliung tersebut mengakibatkan sebanyak 6 rumah rusak sedang, dan beberapa rumah lainnya mengalami rusak ringan pada bagian atap.

Sedangkan banjir terjadi di Desa Baturuyuk, Kecamatan Dawuan, sejak pukul 18.22 WIB dan mengakibatkan air menggenangi daerah permukiman di wilayah desa tersebut.

\"Untuk update sementara ini, peristiwa bencana alam, baik angin puting beliung dan banjir yang terjadi di Kabupaten Majalengka tak ada korban jiwa,\" kata Reza.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar berhati hati dan waspada, mengingat intensitas hujan tinggi dan cuaca ekstrem masih melanda Kabupaten Majalengka. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: