Selis Bromo Digeber Selama 16 Jam Non Stop, Ini Kondisi Baterai Motor Listrik Roda Tiga Dipakai Touring 561 Km
Selis Bromo Digeber Selama 16 Jam Non Stop, Ini Kondisi Baterai Motor Listrik Roda Tiga Dipakai Touring 561 Km-ist/Youtube: Bintang275-radarmajalengka.com
Pada jarak 78 kilometer pertama, kondisi baterai masih tersisa sekitar 60 persen. Ini menunjukkan efisiensi daya yang cukup stabil, bahkan saat AC dinyalakan penuh.
Selama perjalanan, AC memang sengaja terus digunakan untuk menguji daya tahan sistem listrik di kondisi panas, terutama saat memasuki wilayah Jawa Timur.
Suhu motor dan controller terpantau aman. Temperatur berkisar di angka 52 sampai 54 derajat celcius.
Tidak ada gejala overheat meskipun motor dipakai nonstop dalam waktu lama. Hal ini penting bagi Kamu yang mempertimbangkan motor listrik roda tiga dipakai touring jarak jauh.
Pendinginan dan manajemen daya terbukti berjalan normal di kondisi nyata, bukan sekadar klaim spesifikasi.
Pengisian daya dilakukan di beberapa SPKLU PLN, seperti di Sragen, Kertosono, dan Mojokerto. Daya pengisian berada di kisaran 5.000 hingga 6.200 watt dengan penggunaan beberapa charger sekaligus.
Waktu pengisian rata-rata sekitar satu jam. Selama proses ini, pengendara bisa istirahat, makan, dan salat. Pola ini membuat touring tetap nyaman tanpa rasa terburu-buru.
Dari sisi kenyamanan berkendara, Selis Bromo terasa stabil. Suspensi sudah disesuaikan sehingga tidak terasa menghentak saat melewati jalan bergelombang.
Posisi duduk santai, kabin tertutup, dan AC membuat tubuh tidak cepat lelah. Kecepatan dijaga konstan di sekitar 50 kilometer per jam.
Cruise control aktif dan membantu mengurangi kelelahan tangan karena tidak perlu terus menarik gas. Kecepatan rata-rata perjalanan tercatat 34,7 kilometer per jam, angka yang realistis untuk motor roda tiga di jalur non tol.
Medan tanjakan tidak menjadi masalah berarti. Setelah pengaturan controller dan arus disesuaikan, motor tetap kuat melaju di tanjakan panjang.
Ini menjadi catatan penting karena salah satu kekhawatiran utama saat motor listrik roda tiga dipakai touring adalah kemampuan menanjak saat membawa beban.
Total waktu bergerak selama perjalanan sekitar 16 jam. Jika dihitung dengan waktu istirahat dan bermalam, total durasi mencapai sekitar 35 jam.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
