Tingkatkan Perekonomian Desa Jatipancur, Mahasiswa KKN-T Unma Gelar Seminar Strategi Pemberdayaan UMKM

Jumat 09-08-2024,16:46 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) menggelar program kerja (Proker) utama yakni seminar UMKM dan E-Commerce.

 

Seminar dengan tema 'Strategi Meningkatkan Daya Saing Dan Pertumbuhan Perkonomian Masyarakat di Era Digital' tersebut berlangsung di aula kantor Pemerintah Desa (Pemdes) Jatipancur kecamatan Greged Kabupaten Cirebon merupakan hasil kolaborasi Bersama aparat desa dengan kalangan akademisi Universitas Majalengka (Unma).

 

Ketua pelaksana kegiatan, Bentar Ramdhani mengatakan kegiatan seminar tersebut mendatangkan pemateri langsung dari kalangan akademisi Universitas Majalengka (Unma) yaitu Dr Haris Fauzi SE MM.

 

"Seminar ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada para pelaku UMKM di desa Jatipancur tentang pentingnya pemanfaatan teknologi digital khususnya E-Commerce dalam pengembangan bisnis," jelas Bentar yang juga ketua kelompok KKN-T Unma Desa Jatipancur ini.

 

Bentar mengungkapkan pihaknya melihat bahwa banyak produk UMKM di desa Jatipancur kecamatan Greged Kabupaten Cirebon memiliki kualitas yang baik, namun belum mampu menembus pasar yang lebih luas. 

 

Oleh karenanya, mahasiswa KKN-T Unma mengambil inisiatif dengan mengadakan kegiatan seminar ini sebagai salah satu upaya untuk membantu para pelaku UMKM guna meningkatkan daya saing mereka.

 

Di desa Jatipancur sendiri, kata Bentar, ada berbagai jenis UMKM diantaranya usaha Pindang Duri Lunak milik ibu Uum Umiyati, usaha Bubur Lemu dan Bubur Kacang Hijau milik ibu Keyet, usaha Mirong milik ibu Kuniyah dan usaha Kodehel milik ibu Idah. 

 

"Usaha yang telah mereka geluti selama bertahun-tahun sudah memiliki kualitas produk yang baik namun belum memiliki packaging yang bagus," beber Bentar.

Kategori :