Mahasiswa KKN-T Unma Kolaborasi Bareng IPB Gandeng Dinas K2UKM Adakan Kegiatan UMKM Naik Kelas

Kamis 01-08-2024,20:04 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (Unma) berkolaborasi dengan IPB University mengadakan kegiatan UMKM naik kelas. 

 

Kegiatan yang diselenggarakan di GOR Desa Tejamulya kecamatan Argapura itu menggandeng Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (K2UKM) kabupaten Majalengka yang memberikan izin legalitas usaha gratis bagi para pelaku UKM di Tejamulya.

 

Ketua kelompok KKN-T Unma Desa Tejamulya, Kholis Abdul Aziz mengatakan pihaknya bersama IPB University melakukan inovasi dengan memfasilitasi para pelaku UKM untuk bisa naik kelas.

 

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha yang masih berukuran kecil. 

 

Menurut dia, UMKM memegang peranan yang sangat penting untuk perekonomian Indonesia. Tidak hanya menjadi tulang punggung ekonomi nasional, UMKM juga menjadi motor penggerak utama dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mendorong inovasi serta kewirausahaan lokal. 

 

"Oleh karena itu, perlu adanya dukungan pemerintah untuk menunjang keberlangsungan, kelancaran, dan perkembangan kegiatan UMKM tersebut," tegas Holis.

 

Ia mengatakan Desa Tejamulya adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Desa tersebut dinobatkan sebagai desa dengan UMKM terbaik di wilayah Majalengka pada tahun 2022. 

 

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi UMKM di desa tersebut dalam meningkatkan perekonomian lokal dan memberdayakan masyarakat. 

Kategori :