Kolaborasi Mahasiswa KKN-T Unma dan IPB Sukses Tanam 7 ribu Bibit Cabai Keriting di Desa Sukadana

Rabu 24-07-2024,19:08 WIB
Reporter : Ono Cahyono
Editor : Ono Cahyono

MAJALENGKA, RADAR MAJALENGKA.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Universitas Majalengka (Unma) berkolaborasi dengan mahasiswa KKN Tematik(KKN-T) dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan kegiatan sosial yang berfokus pada ketahanan pangan.

 

Bertempat di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura,Kabupaten Majalengka, para mahasiswa ini berhasil menanam sebanyak 7 ribu bibit cabai keriting.

 

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi Desa Sukadana yang mayoritas kelompok tani (poktan) adalah petani cabai keriting. 

 

Koordinator KKN-T Unma, Adinda Sarastiara mengatakan dalam upaya mendukung pertanian lokal dan memastikan keberlanjutan hasil panen yang berkualitas, para mahasiswa memilih bibit cabai keriting yang sudah terbukti cocok dengan kondisi tanah dan iklim desa tersebut.

 

“Pemilihan bibit cabai keriting bukan hanya karena faktor kecocokan dengan kondisi tanah, tetapi juga untuk mendukung potensi lokal yang sudah ada. Kami ingin memberikan dampakpositif yang nyata bagi para petani di Desa Sukadana,” kata Adinda.

 

Menurut dia, kolaborasi antara mahasiswa Unma dan IPB ini tidak hanya terbatas pada penanaman bibit, tetapi juga mencakup pemberian edukasi kepada petani setempat mengenai teknik-teknik pertanian modern yang dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen. 

 

Sementara itu, koordinator KKN-T IPB Muhamad Rizky Ramdan menambahkan mahasiswa IPB yang memiliki latarbelakang pertanian juga memberikan pelatihan tentang penggunaan pupuk organik, pengendalian hama, dan teknik irigasi yang efisien.

 

"Kami melihat antusiasme yang besar dari para petani di Desa Sukadana. Mereka sangat terbuka dengan pengetahuan baru yang kami bagikan, dan kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk kegiatan-kegiatan positif lainnya,” imbuh M Rizky.

Kategori :