Hobi Jadi Hoki! Ini 4 Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan, Ada Hobimu?

Sabtu 25-05-2024,14:52 WIB
Reporter : Yusrini Firdaningsih
Editor : Yusrini Firdaningsih

RADARMAJALENGKA.COM – Dari sebuah hobi kadang bisa dijadikan lahan untuk menghasilkan cuan atau keuntungan dalam bentuk materi.

Hobi menurut KBBI adalah suatu kegemaran atau kesenangan istimewa pada waktu senggang. Namun melakukan hobi ini tak sembarang hanya mengerjakan di waktu senggang saja, ada juga loh hobi yang bisa menghasilkan uang atau penghasilan tambahan. Apalagi di era serba modern ini, banyak hobi yang bisa dilakukan untuk dapat menghasilkan keuntungan materi atau istilahnya mendapat cuan dari hobi yang ditekuni tersebut. Kira-kira hobi apa saja ya? Berikut list hobinya.

BACA JUGA:4 Manfaat Belajar Perihal Keuangan, Untuk Lebih Melek Finansial.

1. Fotografi 

Siapa yang punya hobi fotografi? Nah bagi yang menyukai fotografi ini menjadi list pertama hobi yang dapat menghasilkan cuan. Karena di era digital ini peluang fotografer menjadi sangat luas. Bukan hanya untuk fotografer professional, bagi fotografer pemula pun mempunyai kesempatan yang sama. Bagaimana caranya? 

Salah satu caranya yaitu dengan menjual hasil foto ke online stock photo agency, seperti ShutterStock, 123rf, atau beragam online stock photo agency lainnya. Selanjutnya ada juga yang menjual hasil karya fotonya di media atau majalah online. Alternatif lain yang paling digandrungi para fotografer adalah dengan membuka bisnis fotografi, misalnya ketika ada acara tertentu seperti wisuda, birthday party, event kantor/sekolah dll. Bahkan jika sudah mendapat kepercayaan karena skill dan gear yang sudah mumpuni, bisa menjadi fotografer prewedding dan wedding.

Selain itu bisa juga mengikuti lomba fotografi yang hadiahnya mendapatkan uang dengan nominal tertentu untuk bisa memotivasi agar lebih giat lagi mencari karya foto. Satu hal lagi jika ingin menekuni hobi ini adalah jangan sungkan untuk membagikan hasil karya foto di media sosial yang dimiliki, nantinya jika ada teman atau orang lain yang tertarik dengan hasil karya fotomu, tidak menutup kemungkinan mereka akan menggunakan jasa fotografimu dengan skill yang dimiliki. Anggap saja media sosial sebagai portofolio onlinemu sebelum memiliki portofolio yang lebih professional.

BACA JUGA:Programer Harus Tau! Ini Cara Menginstal Python di Windows

2. Menulis 

Menulis merupakan suatu bentuk untuk menuangkan pikiran, ide, gagasan, dan juga perasaan yang dimiliki melalui huruf-huruf yang disusun menjadi kalimat dan kalimat yang terus disusun hinga menjadi paragraf. Bagi yang memiliki hobi menulis, sungguh ini adalah salah satu hobi yang bermanfaat dan memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah dengan tulisan tersebut bisa menghasilkan uang tambahan. Caranya yaitu dengan mengirim hasil karya tulis ke media-media berita online atau menjadi kontributor di blog dan web mereka.

Dengan menulis juga bisa mencari pekerjaan freelance di beberapa situs online milik klien. Tetapi lagi dan lagi jika ingin terjun ke dunia tulis menulis alangkah lebih baiknya memiliki portofolio. Portofolio dapat berbentuk blog atau website, yang nantinya dapat dikirimkan ke klien atau saat melamar pekerjaan di bidang kepenulisan. Pekerjaan yang berhubungan dengan menulis adalah bisa menjadi content writer, copywriter, UX Writer, jurnalis dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Sedang Merasa Tidak Mood? Ini Makanan Yang Bisa Kamu Pertimbangkan Saat Mood Kamu Jelek

3. Desain 

Selanjutnya hobi yang dapat menghasillkan cuan adalah desain. Bagi yang memiliki hobi desain, pekerjaan yang dapat dipilih adalah menjadi desainer. Dengan memiliki kemampuan untuk mendesain, maka bisa membuka jasa pembuatan logo, konten social media, foto ilustrasi, desain pembuatan website (UI/UX), animator, dan lain-lain. 

4. Kuliner

Kategori :

Terpopuler