Penyakit Scabies Kucing dapat Menular Kepada Manusia, Ketahui Gejalanya !

Rabu 15-11-2023,09:00 WIB
Reporter : Istiqoma D
Editor : Istiqoma D

RADARMAJALENGKA.COM - Penyakit scabies yang terjadi kepada kucing biasanya disebabkan oleh infeksi tungau Sarcoptes scabei dan Notoedres cati atau tungau dengan bentuk oval yang memiliki warna terang dan memiliki sifat mikroskopis pada kucing.

Scabies ini dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman sehingga kucing akan agresif. Penyakit scabies ini pada umumnya dapat menular dengan cepat kepada sesama spesies kucing, namun penyakit ini juga dapat menular kepada manusia.

Penularan tersebut dapat dikarenakan oleh terkena bulu kucing dan berkontakan dengan barang kucing yang terkena virus tersebut. Penularan ini juga sangat cepat terjadi karena diakibatkan oleh tungau dari kucing.

Terdapat Gejala Scabies pada Kucing

Mayoritas pemilik kucing tidak menyadari terdapat gejala yang diderita kucing terkena scabies, oleh sebab itu anda harus mengetahui gejala scabies pada kucing, diantaranya yaitu:

BACA JUGA:Waspada Penyakit Kulit Dari Kucing Dapat Menular Kepada Manusia!

  1. Sering menggaruk, menggigit dan menjilat tubuh.
  2. Bulu rontok hingga pitak.
  3. Kulit iritasi dan kemerahan atau ruam.
  4. Kulit berkerak dan berkerut, terutama pada area telinga pada kucing.
  5. Terdapat luka atau koreng pada kulit.

Awal mulanya scabies ini muncul pada area wajah dan telinga kucing saja, namun seiring berjalannya waktu virus ini dapat menyebar keseluruh tubuh. Oleh sebab itu sangat penting jika anda menyadari bahwa kucing peliharaan sedang terkena penyakit scabies.

Penyakit ini termasuk kepada penyakit yang dapat menular baik kepada sesama hewan seperti kucing dengan kucing, kucing dengan anjing, dan hewan lainnya yang berkontakan langsung dengan kucing yang terkena scabies.

Selain itu, penyakit ini juga dapat dengan mudah menularkan kepada manusia akibat dari kontakan langsung yang terjadi, biasanya pemilik tidak menyadari bahwa kucing peliharaan ini terkena penyakit scabies.

BACA JUGA:Penyakit Herpes Pada Kucing Tidak Dapat Menular Ke Manusia !

Terdapat timbulnya gejala berupa bintik merah dan bentol pada kulit yang menyebabkan gatal pada kulit, jika manusia terkena tularan virus scabies ini.

Pada umumnya gejala tersebut dapat hilang dengan sendirinya namun hal  tersebut sangat tidak nyaman karena rasa gatal yang ditimbulkan.

Oleh sebab itu terdapat cara mengatasi yang baik yaitu, anda harus membawa kucing ke dokter hewan untuk mendiagnosis scabies pada kucing sehinga dapat dilakukan penanganan dengan baik. Anda juga dapat mengetahui penyakit dan obat yang akan diberikan kepada kucing peliharaan.

Itulah informasi yang telah dirangkum tentang penyakit scabies pada kucing peliharaan, semoga informasi ini dapat membantu anda dalam memberikan pengetahuan tentang gejala dan cara penanganan yang benar untuk mengatasi scabies.

BACA JUGA:Penyakit Menular (Toksoplasmosis ) Pada Kucing Membahayakan Ibu Hamil !

Kategori :