Gaji TKI Pabrik Di Brunei Darussalam Meningkat?

Jumat 27-10-2023,16:00 WIB
Reporter : Istiqoma D
Editor : Istiqoma D

RADARMAJALENGKA.COM - Terdapat peraturan yang berlaku pada pemerintahan Brunai tentang gaji para TKI bahwa gaji TKI harus disesuaikan dengan standar upah yang berlaku di negara tersebut dan harus memenuhi standar minimum upah yang telah ditetepkan pada pemerintahan Brunai Darusalam.

Peraturan tersebut berlaku untuk semua TKI yang berada di Brunai baik yang bekerja pada sektor formal maupun informal dan sudah berlaku dan dibuat pada tahun 2018 lalu. Standar upah minimum yang telah ditetepkan pemerintah Brunai Darusalam yaitu kisaran B$620 atau sekitar Rp6,5 juta/bulan.

Upah yang dihasilkan oleh TKI di Brunei Darusalam terkait dengan gaji, transportasi, tempat tinggal, makanan, dan lain-lainnya. Mengutip dari dinaspajak.com menyatakan bahwa upah yang diterima pekerja bervariatif berdasarkan dengan range upah dan upah rerata.

1. Range Upah

TKI di Brunai akan mendapatkan upah kisaran Rp. 8.766.006 per bulan ini adalah gaji minimun yang berada di Brunai, namun ada gaji maksimum kisaran Rp. 155.840.111 per bulan dan dapat dikatakan bahwa upah maksimum ini kemungkinan akan semakin tinggi.

BACA JUGA:Yuk Intip Standar Gaji Pabrik di Brunei Darussalam

BACA JUGA:Cawapres Pertama Cak Imin yang Datang ke Majalengka, Berikan Lima Janji

2.Upah Rerata

Untuk TKI berunai upah per bulan rerata kisaran Rp. 35.847.580 namun ada pendapat lain bawah dibawah dari nominal tersebut.

Artikel ini membahas mengenai gaji pabrik di Brunei Darusalam pada tahun 2023, namun anda harus mengetahui gaji TKI secara global terlebih dahulu.

Menurut Kepala Badan Nasional Penempata dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dinyatakan dari Benny Rhamdani "Kenaikan gaji TKI di Brunai terpicu karena beberapa faktor, salah satunya adalah inflasi yang terjadi di negara tersebut".

Dalam informasi tersebut dapat dikatakan bahwa gaji Brunei Darussalam untuk TKI ini akan meningkat di Tahun 2023. Namun kenaikan gaji belum dapat dipastikan karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya gaji TKI di negara tersebut diantaranya seperti kodisi ekonomi pada global serta kebijakan pemerintahnya.

BACA JUGA:Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Lewati Bandara Kertajati, Begini Respon Bupati Karna

BACA JUGA:Dominasi Yamaha di Ajang Motor Plus Award Tahun Ini, Bawa Pulang Piala Sabet Gelar Motorcycle of The Year 2023

Gaji Brunei Darussalam dalam setiap pekerjaan ternyata memiliki pendapatan yang berbeda-beda sesuai dengan kualitas dan beban pekerjaannya. Para pekerja pabrik memiliki upah sebesar B$800 – B$1.200 atau sekitar Rp8,4 juta – Rp12,6 juta per bulan dan itu termasuk kisaran.

Kategori :