RSUD Talaga Mulai Terima Pasien

Kamis 19-10-2023,13:00 WIB
Reporter : Almuaras
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  – Rumah Sakit Umum Daerah Talaga (RSUD) Talaga diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi rakyat yang berada di kawasan selatan Kabupaten Majalengka.

Rumah sakit yang berada di Jalan Raya Talaga-Cikijing Blok Cikuta Desa Talaga Wetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka mempunyai gedung yang sangat repsentatif dengan 4 lantai serta area parkir yang luas.

Pembangunan rumah sakit yang menelan biaya kurang lebih Rp200 miliar mulai dibangun tahun 2019 dan selesai selama tiga tahun karena terkendala pandemi Covid-19.

Dan mulai Sabtu, (14/10), RSUD Talaga tipe C mulai beroperasi setelah di-launching oleh Bupati Majalengka Dr H Karna Sobahi MMPd.

BACA JUGA:BIJB Kertajati Bakal ‘Dijual’ Diminati Investor dari Tiga Negara

BACA JUGA:Uban Pada Usai Tua, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka H Agus Susanto SSos MSi dalam laporanya mengatakan launching RSUD Talaga, Sabtu (14/10) merupakan tanda mulai beroperasinya kegiatan pelayanan kesehatan di RSUD Talaga.
Menurut Agus RSUD Talaga yang merupakan tipe C telah didukung dengan sumber daya tenaga kesehatan di antaranya direktur, serta bagian-bagian dibantu empat dokter dan tenaga keperawatan.

Keberadaan lahan RSUD Talaga sekitar 40.000 meter persegi, dengan luas bangunan sekitar 26.000 meter persegi. Sebanyak 14.000 meter persegi dari luas lahan tersebut telah dialokasikan sebagai area hijau dan area pengembangan.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan berawal dari keluh kesah masyarakat wilayah selatan terkait belum adanya rumah sakit di wilayah selatan, akhirnya berusaha diwujudkan.

“Maka sejak pelantikan bupati dan wakil bupati tahun 2018, kita berkordinasi dengan pemerintah pusat dengan bantuan anggota dewan. Selama ini masyarakat yang ada di 11 kecamatan wilayah selatan untuk dirawat kebanyakan ke rumah sakit tetangga, Kuningan dan Sumedang.

BACA JUGA:Cara Alami Untuk Mengatasi Uban Cukup Mengganggu Penampilan

BACA JUGA:Teh Hitam Dapat Menghitamkan Uban Jika Rutin Digunakan, Apakah Benar?

Maka saya meminta bantuan kepada pemerintah pusat yang dibantu anggota DPR RI Bapak TB Hasanudin dan terealisasi anggaran Rp96 milar pada tahun 2019, dan tahun 2020 dari Provinsi Jawa Barat membantu  Rp75 milar, sedangkan dari APBD Kabupaten kita anggarkan Rp50 miliar,” papar Bupati Karna. (ara)

Kategori :