MANTAP! Pemkab Gencar Promosikan Produk Majalengka

Senin 10-07-2023,11:00 WIB
Reporter : Pai Supardi
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Ada hal unik dan menarik yang dilakukan Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd, bersama istri Ny Hj Dedeh Karna Sobahi beserta Wakil Bupati Tarsono D Mardiana dan Sekretaris Daerah H Eman Suherman MM, pada kegiatan Java Tea Festival 2023 di Bandung , Sabtu akhir pekan kemarin.

Pasalnya para pejabat teras di Kota Angin tersebut sengaja berdandan mengenakan pakaian adat Sunda. Menariknya mereka mengenakan mahkota yang terbuat dari sejumlah kerajinan tangan, di antaranya seperti bakul dan lainnya yang dibuat menjadi sebuah karya seni menarik dan eksentrik.

Aksi tersebut ternyata sengaja dilakukan oleh bupati dan wakil bupati serta sejumlah pejabat teras Majalengka, dalam rangka mempromosikan hasil karya maupun produk kreatif Majalengka, dalam kegiatan parade Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Jabar bersama 27 kabupaten dan kota se Jawa Barat.

Menurut Bupati Dr H Karna Sobahi didampingi Ketua tim PKK Hj Dedeh menjelaskan, Pemda Majalengka ikut serta dalam kegiatan Dekranasda Provinsi Jawa Barat. Termasuk kegiatan pekan kerajinan Jabar atau  Java Tea Festival 2023 di Gedung Sate Bandung.

BACA JUGA:Mandiri Sahabatku Lahirkan Wirausaha Potensial dari Pekerja Migran Indonesia

BACA JUGA:Siti Badriah Terkena Kelenjar Getah Bening

Kegiatan tersebut kata Bupati, bertujuan untuk mendorong perluasan akses pasar UKM dalam bentuk pameran produk produk kreatif unggulan UMKM  Kabupaten Majalengka di Jawa Barat. Serta sebagai upaya untuk meningkatkan akses dan jasa keuangan dan perbankan bagi UMKM, melalui bisnis matching.

“Selain memasarkan dan mempromosikan produk kreatif Majalengka, kegiatan ini juga mendorong penerapan ekonomi dan keuangan digital pada UMKM di Jabar. Antara lain melalui implementasi transaksi pembayaran non tunai baik EDC maupun QRIS dan digitalisasi pemasaran produk. Kabupaten Majalengka pada kegiatan ini menampilkan banyak produk termasuk kerajinan tangan dan lainya,” jelasnya .

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga memuji langkah Gubernur Jabar M Ridwan Kamil, yang menyediakan sedikitnya 102 stand bagi para pelaku UMKM se-Jabar, dengan beragam jenis produk. Seperti fashion,craft, lifestyle, home decor, food and beverage dan lainnya.

“Produk kerajinan tangan, ikut meramaikan event karya kreatif Jabar, dengan tema  green economy dan inklusi keuangan pembayaran. Event ini tentunya akan dimanfaatkan secara maksimal oleh Pemkab Majalengka untuk mempromosikan potensi dan kerajinan yang dimiliki Majalengka,” tambahnya.

Dengan demikian diharapkan masyarakat Jawa Barat akan mengenal banyak tentang kerajinan tangan maupun produk kreatif Majalengka, yang diharapkan ke depannya akan mampu mendorong tumbuhnya perekonomian di masyarakat, meningkatkan lapangan pekerjaan dan menekan angka pengangguran serta hal lainnya. (pai)

BACA JUGA:Minat Baca Rendah, Bupati sampai Keluarkan Surat Edaran Imbauan

BACA JUGA:Baznas Majalengka Fasilitasi Pasen Miskin Berobat Gratis di RS

Kategori :