
BACA JUGA:Mengenal TOL CISUMJATI, Nama Baru Pengganti Cisumdawu Usulan dari Bupati Majalengka
Tapi ada juga yang menyebutkan Jembatan Parigi. Panjangnya mencapai 636 meter dan menggunakan sebanyak 14 pier head sebagai penyangga.
Masing-masing pier head memiliki lebar 34,1 meter yang menopang balok girder dan lantai jembatan. Saat ini pekerjaannya mendekati rampung.
2. Jembatan Kedondong
Selain disebut Jembatan Kedondong ada juga yang menyebut Kadondong, terutama masyarakat lokal di Desa Cipelang, Babakan Asem dan Conggeang.
Bisa dibilang ini adalah jembatan paling fenomenal di Tol Cisumdawu, karena panjangnya mencapai 744 meter sekaligus menjadikannya yang terpanjang.
Konstruksi jembatan ini, dibangun dengan 17 pier head dengan lebar masing-masing 34,1 meter. Ketinggian pier head bervariasi, untuk membuat permukaan tetap rata.
Pada bagian paling dalam, pier head bahkan ada yang menccapai ketinggian 27 meter dari permukaan tanah sampai lantai jembatan. Alias setara dengan ketinggian gedung 8 lantai.
3. Jembatan Ungkal
Akses ini memang belum dibangun, tetapi masih dalam perencanaan. Informasi yang diterima, terjadi longsoran karena tanah labil di dekat Underpass Ungkal yang sempat dilakukan penanganan dengan bore pile.
Belakangan beredar kabar bahwa di dekat Underpass Ungkal juga akan dibangun jembatan, untuk mengatasi tanah yang labil dan seringkali terjadi longsor tersebut.
BACA JUGA:WADUH! Bupati Majalengka Usul Nama TOL CISUMDAWU Diganti Jadi Cisumjati: Itu Mah Istilah Dulu
Tetapi, kepastian pembangunan jembatan tersebut masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Tentunya termasuk pertimbangan teknis dari para kontraktor pelaksana.
Demikian 3 daftar jembatan unik, yang 2 diantaranya sudah dibangun di Tol Cisumdawu.