Akan Dibangun Tol Getaci, Ada Usul Tol Macita, Majalengka Ciamis Tasikmalaya

Minggu 05-02-2023,10:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya
Akan Dibangun Tol Getaci, Ada Usul Tol Macita, Majalengka Ciamis Tasikmalaya

Warga Kabupaten Majalengka juga bisa memanfaatkan tol ini dengan melewati Tol Cisumdawu dan berlanjut ke Tol Padaleunyi dan bergabung ke Tol Getaci via Junction Gedebage.

Yang istimewa, Tol Getaci melintasi dua provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat sepanjang 171,40 km dan Provinsi Jawa Tengah sepanjang 35,25 km dengan total panjang 206,65 km, yang menjadikan jalan tol ini sebagai ruas jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tol ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Tol Getaci terdiri dari 4 seksi yakni Seksi 1 Junction Gedebage – Garut Utara (45,20 km), seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya (50,32 km), seksi 3 Tasikmalaya – Patimuan (76,78 km), dan seksi 4 Patimuan – Cilacap (34,35 km).

BACA JUGA:Sudah Punya 6 Jalan Tol, Kenapa Jusuf Hamka Masih Mau Bangun Tol Cisumdawu, Simak Alasannya

Pembangunan jalan Tol dengan nilai investasi Rp56 triliun ini akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama Gedebage – Tasikmalaya rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2024.

Sementara untuk tahap kedua yakni Tasikmalaya – Cilacap konstruksinya dimulai pada 2027 dan selesai di 2029.

Tol ini akan memiliki 9 buah simpang susun dan 1 buah junction, yaitu junction Gedebage yang akan terkoneksi dengan jalan tol Padalarang – Cileunyi (Padaleunyi).

Jalan tol ini akan memiliki 2x2 lajur dengan lebar lajur 3,6 meter, serta akan dibangun dengan desain struktur at grade sepanjang 175,27 km, struktur elevated sepanjang 22,26 km, dan pile slab sepanjang 9,12 km.

BACA JUGA:7 Jalan Tol Milik Crazy Rich Jusuf Hamka, yang Pertama Paling Fenomenal, Masih Mau Nambah Loh

Awalnya, tol ini akan dibangun oleh Konsorsium Jasa Marga Gedebage Cilacap. Namun, perusahaan keroyokan BUMN dan swasta tersebut gagal mendapatkan jaminan pendanaan (financial close).

Sehingga Proyek Pengusahaan Jalan Tol Getaci kini memasuki tahap lelang ulang sementara pembebasan lahan tetap berjalan untuk seksi 1 yakni Gedebage ke Garut Utara.

Proyek Tol Getaci tersebut ditargetkan selesai 2024, kendati sampai dengan saat ini masih belum ada pemenang lelang yang baru.

Di sisi lain, Tol Macita yang diusulkan dari tokoh Kabupaten Majalengka juga baru sekadar wacana, karena belum ada dalam perencanaan pemerintah.

Kategori :