Sanggar Sunda Rancage Meriahkan Porsenitas di Pangandaran

Jumat 04-11-2022,15:45 WIB
Reporter : Almuaras
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarmajalengka.id, MAJALENGKA - Kabupaten Majalengka selain  mengirim atlet sejumlah cabor pada ajang Porsenitas IX di Kabupaten Pangandaran, juga mengirimkan tim kesenian untuk ikut menyemarakkan acara yang dimulai pada Selasa (2/11) kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, H Iding Solehudin, SSos MSi  didampingi Kabid Kebudayaan Dr H Oman Surahman MM menyebutkan, pada ajang yang diikuti 9 kabupaten/kota di perbatasan Jawa Barat- Jawa Tengah juga digelar produk unggulan.

Menurut Oman, Kabupaten Pangandaran menjadi tempat diselenggarakannya Pekan Olahraga Seni Perbatasan (Porsenitas) IX tahun 2022 serta Pameran Kunci Bersama Gelar Produk Unggulan dan Investasi Daerah yang diselenggarakan selama 3 hari, dari tanggal 2 hingga 4 November 2022.

Kegiatan ini diikuti 9 kabupaten-kota daerah perbatasan, yakni Kabupaten Cilacap, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kuningan, Majalengka, Cirebon, Brebes, Kota Cirebon dan Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA:30 KPM Ikuti Pelatihan Bersama BBPPKS

Kegiatan porsenitas ini diselengarakan di Alu-alun Paamprokan di kawasan pantai barat, sementara Pameran Kunci Bersama Gelar Produk Unggulan dan Investasi Daerah dilaksanakan di Alun-alun Parigi.

Cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan dalam Porsenitas ini, diantaranya Dayung Eksekutif, Catur, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Sepeda Beregu dan  Perorangan, Badminton, Olahraga Tradisional Bakiak dan Olaharaga Tradisional Gobak Sodor.

Pada malam pembukaan yang dilaksanakan Rabu malam (2/11) yang digelar di Alun-alun Paamprokan, para kontiongen dari masing-masing daerah pun mengikuti pawai serta akstraksi seni khas daerah masing-masing.

Disebutkan Oman, Majalengka mengikutsertakan  30  penari dari Sanggar Sunda Rancage Kelurahan  Simpereum Kecamatan Cigasong.

BACA JUGA:Pengurus Musala Dilatih Pemulasaran Jenazah

Usai menyaksikan pawai serta akstraksi seni tersebut Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata didampingi masing-masing kepala daerah peserta prosenitas serta sejumlah pejabat dan Porkopinda 9 kabupaten-kota, berkesempatan membuka kegiatan dengan menabuh gendang yang dilakukan bersama oleh semua kepala daerah.

Sementara dalam sambutannya Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinta menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh daerah peserta porsenitas yang telah memilih Pangandaran menjadi tuan rumah tempat diselenggarakannya kegiatan ini.

Jeje mengatakan, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi masarakat dan pemerintah daerah dalam momen satu dasawarsa Hari Jadi ke-10 Kabupaten Pangandaran bisa menjadi tempat diselenggarakannya Posenitas ke 9 tahun 2022.

Perlombaan olahraga dalam ajang ini, kata jeje, bukan semata untuk tujuan prestasi karena atlet-atlit yang berlomba pada 9 cabang olahraga ini dilakukan para PNS dari masing-masing daerah. Selain sudah tidak muda lagi tentu staminanya pun berbeda dengan para atlet yang biasa berkompetisi dalam sebuah kejuaraan.

BACA JUGA:Hormati dan Hargai Jaksa, Bupati Tegaskan Kepala Bapenda hanya Diminta Konfirmasi soal Pasar Cigasong

Kategori :