Bandara Kertajati Belum Move On Pasca Kedatangan Pesawat Antonov, Pak Direktur Bilang Begini

Bandara Kertajati Belum Move On Pasca Kedatangan Pesawat Antonov, Pak Direktur Bilang Begini

Kedatangan pesawat Antonov AN-124 100 M ke Bandara Kertajati Majalengka, beberapa waktu lalu.-BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Kertajati MAJALENGKA belum move on dengan Pesawat Antonov AN-124 100 M yang mendarat beberapa hari yang lalu.

Bahkan, banyak yang tidak menyangka pesawat cargo terbesar di dunia tersebut bisa mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, pada Hari Rabu, 22, Maret 2023.

Ternyata hal tersebut tidak lepas dari spesifikasi dari BIJB Kertajati yang mampu didarati pesawat berbadan lebar. Termasuk pesawat cargo terbesar di dunia saat ini seperti Antonov.

Direktur PT BIJB (Perseroda), Muhammad Singgih mengatakan, pendaratan Pesawat Antonov dengan Call Sign Ruslan itu, menandakan Bandara Kertajati memang mumpuni untuk menangani pesawat besar.

BACA JUGA:Ternyata Kedatangan Pesawat Antonov Berarti Positif Bandara Internasional Kertajati

"Fasilitas di Bandara Kertajati sangat mumpuni. Runway kita telah comply dengan standar internasional," kata Muhammad Singgih, dilansir dari publikasi PT BIJB, Rabu, 29, Maret 2023.

Dijelaskan Singgih, dengan ukuran runway yang ada saat ini, tentunya sangat menunjang untuk pendaratan pesawat berbadan lebar dan besar seperti Antonov.

"Dengan dimensi runway saat ini yaitu 3.000 x 60 m, akan mampu untuk mendaratkan pesawat berbadan lebar, termasuk Antonov 124 100," tuturnya.

Seperti diketahui, Pesawat Antonov AN-124 100 M landing di Bandara Kertajati, Rabu, 23, Maret 2023 atau tepat satu minggu yang lalu.

BACA JUGA:Dekat Exit TOL CISUMDAWU, Akses Jalan Provinsi di Indramayu Rusak Parah, Tidak Disarankan untuk Pemudik

Pesawat dengan spesialisasi pengangkutan barang berukuran besar, Antonov mampu mengangkut mesin dengan ukuran dan bobot yang besar dan berat.

Sekitar 4 jam pesawat dengan register nomor UR-82007 buatan Ukraina tersebut singgah di Bandara Kertajati, dan take off pada pukul 18.12 WIB.

Mendaratnya pesawat cargo terbesar di dunia tersebut menunjukkan bahwa Bandara Kertajati mampu menampung pesawat berbadan besar dan lebar. Sehingga akan menjadi magnet ekonomi bagi daerah.

Sebagai informasi, Antonov AN-124 100 M ini sudah berulangkali ke Indonesia. Bahkan di Bandara YIA yang memiliki panjang landasan 3.250 meter sudah singgah sampai 9 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: