GAWAT! Konsorsium Tol Getaci Bubar, Gagal Dapat DANA

GAWAT! Konsorsium Tol Getaci Bubar, Gagal Dapat DANA

Konsorsium Tol Getaci bubar karena harus lelang ulang. -Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Konsorsium PT Jasamarga Gedebage Cilacap yang akan mengerjakan Tol Getaci bubar, karena gagal mendapatkan pendanaan. 

Target financial close untuk proyek ambisius senilai Rp 56 triliun tersebut gagal tercapai, sehingga lelang ulang perlu dilakukan.

Financial close menjadi syarat mutlak bagi konsorsium untuk mengerjakan proyek tol terpanjang di Indonesia tersebut. 

Kegagalan financial close tersebut berpengaruh pada jadwal pelaksanaan proyek, yang semula pada akhir 2022 seharusnya sudah memasuki pembebasan lahan dan konstruksi.

BACA JUGA:KECEWA! Skor Manchester United vs Crystal Palace 1-1, MU Buang Kesempatan

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengakui, akan dilaksanakan lelang ulang terhadap proyek tersebut. 

Dia juga mengakui, gagalnya konsorsium mendapatkan pendanaan membuat proyek tersebut mundur dari jadwal. Meski tetap ditargetkan selesai di Tahun 2024 untuk Seksi I dan Seksi II.

"Getaci kita akan lelang ulang karena kemaren tidak financial close," kata Hedy, seperti dilansir dari Antara, Kamis, 19, Januari 2023.

Semula, proyek tersebut bakal dikeroyok oleh konsorsium yang dibentuk BUMN dan swasta dengan PT Jasa Marga menjadi pemegang saham mayoritas yakni 32,5 persen.

BACA JUGA:Tol Terpanjang di Indonesia, Menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah

Namun, karena gagal mendapatkan pendanaan, proyek harus lelang ulang kendati pemerintah tetap melaksanakan pembebasan lahan sampai ke Garut.

Sebagai informasi, konsorsium tersebut dibentuk dengan komposisi pemegang saham PT Jasa Marga (JSMR) 32,5 persen, PT Daya Mulia Turangga 13,38, PT Gama Grup 13,38 persen, PT Jasa Sarana 0,75 persen, PT Waskita Karya (WSKT) 20 persen, PT Pembangunan Perumahan (PTPP) 10 persen, dan PT Wijaya Karya (WIKA) 10 persen. 

Jalan tol Getaci akan menjadi Jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia dengan total panjang 206,65 kilometer. Tahap pertama pembangunan tol Getaci diestimasikan akan selesai pada tahun 2024 yang dimulai dari Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap

Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (GETACI) ini merupakan Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: