Hari Ini Kick Off Tahapan Pemilu

Hari Ini Kick Off Tahapan Pemilu

SERENTAK: Ketua KPU Kabupaten Majalengka, Agus Syuhada MHI menyatakan pelaksanaan pileg dan pilpres dijadwalkan serentak pada 14 Februari 2024.--

Radarmajalengka, MAJALENGKA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka,  Agus  Syuhada MHI menyatakan  pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres)  dijadwalkan akan serentak dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Sedangkan pemilihan kepala daerah (pemilukada) bakal serentak dilaksanakan pada 27 November 2024,” beber Agus kepada awak media dikantornya, kemarin.

Dijelaskan Agus, untuk Kabupaten Majalengka akhir masa jabatan  (AMJ) Bupati Dr H Karna Sobahi MMPd  pada 19 Desember 2023. Sehingga mulai 20 Desember 2023  bupati  Majalengka  harus sudah dijabat oleh penjabat sementara yang ditentukan mendagri atas usulan dari gubernur Jabar.
Calon kepala daerah dapat  diusung oleh partai politik (parpol), gabungan parpol dan jalur perseorangan atau independen.

Untuk pasangan calon (paslon) yang diusung parpol atau gabungan parpol minimal 20  persen dari kursi legislatif, atau 10 kursi  atau 25 persen suara  hasil Pileg 2024 nanti.
Sedangkan untuk paslon jalur perseorangan minimal harus didukung oleh surat pernyataan dukungan dilampiri Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk Kabupaten Majalengka dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) diperkirakan mencapai 1 juta 48 ribu orang, maka syarat minimal dukungan untuk jalur perseorangan minimal 6,5 persen dari total DPT atau sekitar  68 ribu lebih dukungan dan KTP.

Dijadwalkan pada Selasa (14/6) hari ini KPU Majalengka bakal melakukan kick off tahapan pemilu dengan mengundang pengurus parpol di aula KPU. (ara)

BACA JUGA:Pemcam Leuwimunding Kumpulkan 55 Labu Darah

BACA JUGA:Jahat Enak

BACA JUGA:Bersama Blue Core Hybrid, Yamaha Siap Layani Konsumen di Jakarta Fair Kemayoran 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: